Searching...

Desain Rumah Tipe 70 Tanah 121 m2 (1 Lantai, 4 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)

Rumah Tipe 70 Bernuansa Biru yang Luas, Rapi Dan Menyejukkan


Rumah Tipe 70 merupakan salah satu tipe rumah dengan luas bangunan yang cukup ideal untuk ditempati. Biasanya Rumah tipe 70 berisikan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan tiga kamar tidur. Cukup luas dan bisa mengakomodir semua kebutuhan ruangan dalam sebuah rumah tanpa perlu direnovasi. Namun adakalanya rumah tidak hanya diisi oleh keluarga inti ayah, ibu dan anak. Jika rumah tipe 70 akan dihuni oleh lebih banyak orang, rumah perlu didesain secermat mungkin agar tetap terasa luas dan nyaman. Tiga kamar terkadang tidak cukup dan perlu pertimbangan matang agar penambahan satu kamar lagi tidak membuat rumah terasa sempit.

Pada artikel berikut, RUMAH mungil KITA akan membahas desain rumah tipe 70, satu lantai, untuk rumah yang rencananya akan dihuni oleh tujuh orang yakni orangtua (ayah dan ibu), mertua (nenek dan kakek), serta tiga anak. Luas bangunan keseluruhan rumah hanya sekitar 70 m2 dan dibuat satu lantai di atas tanah berukuran 9x13m. Dengan luas 70 m2, rumah ini berisikan empat kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu ruang keluarga dan ruang makan yang menyatu dengan dapur. Warna biru dipilih sebagai warna keseluruhan rumah karena mampu memberi kesak sejuk, alami dan luas. Penambahan cermin besar di banyak area membuat rumah ini tetap terasa lapang meski dihuni banyak orang. Adanya lemari besar multifungsi yang senada di hampir tiap ruangan membuat rumah terasa tetap rapi meskipun banya orang berarti banyak pula kebutuhannya.

Tampak Luar Rumah

Dari luar rumah nampak begitu asri dan sejuk. Warna biru memenuhi hampir setiap bagian fasad depan rumah. Warna biru muda dipilih sebagai warna utama dinding. Rumah nampak simetris. Sisi kanan dan kiri dibuat mirip, dua jendela di bagian tengah dan dinding berwarna lebih tua di sisi kanan dan kiri jendela. 
rumah mungil minimalis bernuansa biru tipe 70 4 kamar tidur tampak depan

Carport untuk dua mobil ditempatkan di sisi kanan dan kiri rumah. Bagian tengah masih terdapat tanah berukuran 3x3m untuk taman mungil.

rumah mungil minimalis bernuansa biru tipe 70 4 kamar tidur tampak samping

Pintu masuk ditempatkan di bagian tengah rumah. Pintu dobel dengan jendela memanjang di sisi kanan kirinya. Tiang besar dengan warna biru tua ditempatkan di teras. Dak beton dibuat sebagai penutup teras. Bagian tengah rumah sengaja dibuat lebih tinggi dari sisi kanan dan kiri rumah. Jendela besar ditempatkan di tengah-tengah, di atas pintu rumah berfungsi sebagai tambahan jendela untuk masuknya cahaya.

rumah mungil minimalis bernuansa biru tipe 70 4 kamar tidur tampak atas

Atap model pelana yang simpel dipilih sebagai penutup rumah secara keseluruhan. Di bagian depan atap dibuat lurus ke depan bawah sedang di bagian belakang, atap dibuat menyamping dengan sisi tengah atap lebih rendah daripada bagian tepi.


Denah Rumah


Carport berukuran 4,5x3 dan 5x3 m tertelat di bagian paling depan rumah di sisi kanan dan kiri. Bagian tengah terdapat taman berukuran 3x3 dan teras berukuran 1x3 m. Pintu masuk rumah berbatasan langsung dengan ruang tamu berukuran 3x3m dan ruang keluarga berukuran 3,5x3 m. Sekat minimalis dua sisi membatas keduanya. Kamar tidur terletak keempat sudut rumah. Kamar di sudut depan kanan berukuran 3x3m disipakan untuk mertua (nenek dan kakek), di sudut depan kiri berukuran 2,5x3 m disiapkan untuk anak perempuan kedua dan ketiga, di sudut belakang kanan berukuran 3,5x3 m disiapkan untuk pemilik rumah (ayah dan ibu) dan sudut kiri belakang berukuran 2,5x3 disiapkan untuk kakak laki-laki tertua).

rumah mungil minimalis bernuansa biru tipe 70 4 kamar tidur denah 2 dimensi

Dua kamar mandi mungil ditempatkan di antara dua kamar di sisi kanan rumah. Satu kamar mandi berukuran 1,5x1,5 m dapat diakses dari ruang keluarga sedang satu kamar mandi berukuran 1,5xx1,5 m lainnya diakses dari kamar tidur utama. Dapur yang dibuat menyatu dengan ruang makan ditempatkan di antara kedua kamar di sisi kiri rumah. Ruang keluarga dan ruang makan dibatasi oleh dinding yang dibuat berlubang pada bagian tengah. Di belakang rumah masih terdapat sisa tanah berukuran 2,5x3 m untuk kolam mungil. Pintu kaca geser lipat membatasi ruang keluarga dan kolam ini.

rumah mungil minimalis bernuansa biru tipe 70 4 kamar tidur denah 3 dimensi

Penataan lengkap rumah ini yang didominasi oleh warna biru, dengan banyak lemari besar multifungsi dan banyak cermin dapat dilihat di
Penataan Rumah Tipe 70 Tanah 121 m2 (Area Publik) untuk penataan selain kamar tidur dan di
Penataan Rumah Tipe 70 Tanah 121 m2 (Area Kamar Tidur) untuk penataan keempat kamar tidur.

2 comments:

  1. megah banget ya mbak rumahnya, karena ini memang termasuk tipe besar 70 dan 120m :D
    makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima asih kembali mbak sudah mengunjungi blog ini
      :)

      Delete